Minggu, 21 Juli 2019

Konfigurasi VoIP Cisco Paket Tracer (Basic)





Assalamualaikum wr.wb


Pengertian VoIP

     Apa itu VoIP? Voice over Internet Protocol adalah Teknologi yang menjadikan media internet untuk bisa melakukan komunikasi suara jarak jauh secara langsung. Sinyal suara analog, seperti yang anda dengar ketika berkomunikasi di telepon diubah menjadi data digital dan dikirimkan melalui jaringan berupa paket-paket data secara real time.

Latar Belakang VoIP

VoIP (Voice over Internet Protocol) merupakan salah satu teknologi transmisi yang berguna untuk mengirimkan suara komunikasi melalui jaringan yang berbasiskan IP seperti internet ataupun packet-swiched networks. Fungsi VoIP pada umumnya serupa dengan teknologi telpon PSTN (public switched telephone network) yang memungkinkan pembicaraan jarak jauh.

Pengembangan VoIP secara intensif dimulai sejak 1994 dan mulai diperkenalkan secara luas ke masyarakat melalui layanan broadband internet access dimana pengguna dapat membuat dan menerima panggilan selayaknya telepon PSTN. Sejauh ini teknologi VoIP telah berkembang sampai tahap layanan “unified communications”, yang membuat semua komunikasi–panggilan telepon, fax, surat suara, e-mail, web conference, dsb–sebagai suatu unit diskrit yang dikirimkan dan diterima dengan berbagai alat komunikasi termasuk telepon genggam.

Dikarenakan efisiensi terhadap bandwidth, rendahnya biaya pengelolaan, serta berbagai kelebihan yang ditawarkan oleh teknologi VoIP tersebut, berbagai bidang bisnis di dunia secara perlahan mulai mengalihkan pilihan dari sistem telepon kabel tradisional ke VoIP untuk mengurangi biaya telepon perusahaan yang tinggi.


Tujuan VoIP

Tujuan pengembangan VoIP relatif sederhana, yaitu menambah kemampuan hubungan telepon baik transfer suara dan pensinyalan kedalam jaringan berbasis IP dan menghubungkannya ke jaringan telepon publik serta menyediakan kualitas suara dan fasilitas yang diharapkan, seperti pada jaringan telepon.


Disini kita akan mencoba praktek VoIP menggunakan Cisco packet Tracer, dengan topologi seperti pada gambar dibawah ini.

D
Diantara lain alat yang digunakan seperti :
  • Router type 2811
  • Switch type 2960
  • Dan Telephone IP IPHONE

Konfigurasi IP Address pada Router :


Konfigurasi DHCP Pada Router :




Konfigurasi Pada Switch :



Konfigurasi Telephony Service Pada Router :



Pastikan semua IP_PHONE sudah mendapat nomer telepon masing masing, jika belum coba periksa kembali konfigurasi diatas.


Untuk mengetest lakukan lah panggilan, Untuk melakukan panggilan dari IP Phone, klik pada salah satu IP Phone, kemudian buka mode GUI dan masukan nomor telepon yang dituju dan tekan enter atau klik pada gagang telpon dan telpon dengan nomor yang dituju akan mulai menyala dan berdering.



Dalam penggunaan VoIP memiliki kesimpulan yaitu :

  • Penekanan yang paling utama dari VoIP adalah biaya. Biaya yang dikeluarkan lebih rendah untuk komunikasi jarak jauh. Dengan dua lokasi yang terhubung dengan internet maka biaya percakapan menjadi sangat rendah.
  • Memanfaatkan infrastruktur yang sudah ada, jika suatu perusahaan sudah mempunyai fasilitas jaringan, sangat memungkinkan jaringan yang sudah ada bisa dibangun jaringan VoIP dengan mudah.
  • emberikan adanya variasi penggunaan peralatan komunikasi yang sudah ada, seperti PC, SmartPhone.    

Sekian penjelasan mengenai VoIP dari saya, semoga bermanfaat buat kalian.
Wassalamualaikum wr.wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar